Sabtu, 04 Januari 2014

Sejarah Ray-Ban


              Mungkin brand kacamata yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian, ya siapa yang tidak tahu rayban. Brand spesialis pembuatan kacamata yang didirikan pada Tahun 1937 oleh perusahaan Bausch & Lomb (BL) - perusahaan yg berasal dari USA, dengan tujuan awal untuk memproduksi kacamata hitam untuk kepentingan Angkatan Udara Amerika Serikat memang sudah menjadi item wajib di dunia fashion. Brand kacamata yang digawangi oleh dua orang warga German yaitu John Jacob Bausch dan Henry Lomb merupakan salah satu dari pengeluar lensa yang terkemuka di dunia.
            Ide rayban bermula dari aduan Leftenan John A. Macready yang kembali dari pengembaraan bahwa matahari telah marusakkan matanya. Dia menghubungi Bausch & Lomb dan meminta mereka untuk membuatkan cermin mata hitam yang dapat memberikan perlindungan dan tetap berkesan elegan. Aviators adalah prototipe pertama yang di produksi oleh rayban pada 7 mei 1937, yang terbuat dari logam emas berbalut dengan lensa hijau yang dibuat dari kaca mineral untuk menepis sinar inframerah dan ultraungu.
            Setelah pendaratan General Douglas McArthur di pantai barat filipina dalam Perang Dunia II, The aviator rayban menjadi terkenal saat salah satu photographer mengambil gambar beliau memakai kacamata tersebut. Rayban secara cepat mendapat popularitas melalui peperangan-peperangan lainnya. Film seperti Top Gun pun ikut mendongkrak popularitas brand kacamata satu ini. Pada tahun 1952 Rayban kembali menambah koleksinya dengan mengeluarkan rayban wayfarer. Perbedaannya terletak pada bingkai wayfarer yang menggunakan bahan plastik. Wayfarer menjadi populer dikalangan golongan yang berpendapatan sederhana. Musisi-musisi semacam Michael jackson dan The Blues Brothers pun menjadi salah satu faktor boomingnya rayban wayfarer.
            Pada sekitar tahun 1998-1999, Bausch & Lomb menjual merek RayBan kepada Grup Luxottica Italia senilai 1,2 miliar dollar karena kemerosotan dan syarikat Bausch & Lomb yang tengah mengalami kerugian akibat dari munculnya brand pembuat kacamata lainnya seperti Oakley yang mempunyai keahlian menciptakan design kacamata yang lebih modern. Namun pihak Bausch & Lomb tidak sepenuhnya menjual aset mereka kepada grup Luxottica, mereka masih mrahasiakan keahlian mereka dalam menciptakan kacamata hitam.
            Rayban dibuat di Italy secara keseluruhan mulai dari desain, pengerjaan frame, sampai lensa sejak tahun 1999 keatas oleh Grup Luxottica. Rayban made in Italy menggunakan inisial kode RB pada lensa dan beberapa engrave di framenya. Dalam perkembangannya pengkodean berkembang menjadi RBxxxx, diikuti oleh 3 - 4 digit angka dibelakang huruf. Jadi apabila pada jaman sekarang ada optic atau orang yang menjual kacamata rayban original made in USA, pastilah barang itu New Old Stock atau bisa dibilang orang yang menjual kacamata tersbut adalah seorang kolektor yang menyimpan dan merawat nya sejak pertama kali dia beli.
Berikut adalah tipe-tipe kacamata rayban dengan spec dan keunggulannya masing-masing:
  1.      Aviator















Memiliki metal yang terbuat dari emas dengan lensa mineral hijau dan memiliki berat kurang dari 150 gram. Desain dari kacamata ini sendiri dibuat untuk melindungi seluruh bagian mata tanpa terkecuali.

  2.      Outdoorsman











Tidak begitu berbeda dengan aviator, tipe yang satu ini memiliki pengait di tengah-tengah lensanya dan bagian ujungnya melingkar agar dapat menempel di kuping, sehingga tidak mudah lepas. Kacamata yang satu ini dilapisi dengan kulit rusa dengan detil batang kecil yang terdapat di tengah -tengah antara kedua lensa yang juga terbuat dari kulit.


  3.      Wayfarer
Kacamata relatif banyak disukai oleh kawula muda ini mulai di produksi pada tahun 1952. Tipe ini memiliki tiga jenis yaitu original, folding dan new Wayfarer. Perbedaan  wayfarer lama dan wayfarer baru terletak pada bentuk lensa yang lebih kecil untuk yang baru. Dan beratnya yang lebih ringan karena menggunakan plastik yang disuntikkan (model lama menggunakan asetat).

  4.      Clubmaster
Dengan desain kacamata gabungan dari era 1950an dengan 1960an, kacamata yang satu ini memiliki gaya retro. Clubmaster seringkali disebut-sebut dengan nama browline glasses karena terdapat penebalan di bagian atas lensa yang mirip dengan keberadaan alis yang berada di atas mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar