Sabtu, 04 Januari 2014

Girls in Denim



Mungkin bagi sebagian pria kata denim bukanlah kata yang asing lagi di telinga mereka. Sebuah item yang bisa dikatakan merupakan pakaian wajib pria ini memang melekat erat pada kehidupan keseharian pria. Tapi bagaimana dengan wanita, apakah denim juga bisa diperuntukan bagi kaum hawa? Mari kita bahas...
Denim, memang pada umumnya dipakai oleh sebagian pria. Sebuah item yang pertama kali di populerkan oleh Levi’s strauss ini memang pada dasarnya dibuat untuk para pekerja tambang yang mengeluh karena celana yang mereka pakai mudah sekali robek. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, denim tidak lagi di hanya dipakai oleh pekerja tambang, malah bisa dibilang denim sekarang menjadi tren wajib bagi seorang pria. Tapi apakah denim juga bisa juga diperuntukkan untuk wanita? Jawabannya iya, karena denim ini sendiri sifatnya unisex, tapi salah satu alasan mengapa jarang dari wanita memakai denim bisa di bilang karena pilihan pakaian untuk wanita sangat banyak sekali, mereka bisa mengenakan rok, legging, jegging, hotpants, dll. Sebenarnya gada salahnya untuk mempunyai jeans yang kualitasnya bagus karena jeans itu sifatnya everlasting, “everyone wears jeans these days“. Yang membedakan hanyalah potongan (cut) jeans tersebut dari skinny jeans sampai ke flare jeans, nanti akan kita bahas lebih lanjut untuk tips buat para wanita agar menemukan cuttingan yang pas sesuai bentuk kaki mereka. Lalu apa bedanya denim dan dry denim? Mungkin secara garis besar perbedaannya hanya terletak pada bahan yg dipakai, umumnya dry denim menggunakan raw material atau bahan mentah, yang dimana seiring pemakaian dry denim bisa menghasilkan fade atau corak-corak di bagian tertentu seperti whiskers, honeycombs, stack, roping effect dll. Sedangkan denim atau jeans biasa yang biasa kita kenal dengan nama pre-washed jeans adalah jeans yang sudah melalui tahap pencorakan di pabrik, yang mana memberikan kesan corak yang sama.
Contoh worn out dry denim :

                
                Before                                                                  After
Before                                                                                  After

Mungkin anda pernah mendengar tentang persepsi untuk tidak mencuci jeans selama 6 bulan, bisa saya katakan persepsi ini ada benar dan salahnya, Karena untuk membuat corak / fading pada jeans memang dibutuhkan pemakaian yang cukup agar jeans mengalami gesekan seiring pemakaian, dan juga sang pemakai memang perlu mencuci atau merendam jeans mereka karena dalam proses ini akan menyebabkan indigo atau pewarna dari jeans tersebut lepas pada bagian-bagian tertentu, Namun tidak semua perempuan betah untuk tidak mencuci jeans mereka selama 6 bulan, wajar karena untuk mendapatkan fading yang contrast jeans memang harus dipakai se hardcore mungkin beda dengan orang yang ingin mendapatkan vintage fade, tidak usah menunggu lama.. asalkan jeans tersebut sudah membentuk sebuah lekukan-lekukan di tiap-tiap bagiannya kita bisa aja langsung mencucinya, tanpa harus menunggu selama 6 bulan atau lebih.

Tips For Girls
Ada beberapa tips untuk kalian para wanita yang ingin membeli dry denim, karena sifat dry denim sendiri akan menyusut pada beberapa bagian saat dilakukan pencucian.. tapi tidak usah takut karena jeans akan kembali ke bentuk kaki sang pemakai seiring dengan pemakaian.
Berikut adalah tips nya:
1). Ketahuilah bentuk badan anda. Agak kurang pas bagi anda yang memiliki paha besar mengenakan jeans dengan cuttingan skinny karena akan membuat anda terlihat seperti lontong. Pilihlah jeans dengan cuttingan slim fit / slim straight untuk menutupi paha anda yang besar. Pandai-pandailah memilih jenis cuttingan celana supaya fit anda terlihat bagus.
2). Sizing pada jeans sedikit tricky, istilah-istilah seperti true to size, size down and size up sering digunakan. Rajin-rajinlah meminta pendapat pada forum-forum jeans untuk mendapatkan sizing yang pas. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apabila tertulis sunsanforized/sanforized pada jeans.
3). Faktor bokong dan pinggul juga sangat berperan dalam pemilihan cut dan size pada jeans. wanita relatif mempunyai bokong dan pinggul yang lebih besar dari pria. Pilihlah rise yang lebih panjang pada size chart jeans tersebut untuk anda yang memiliki pinggul atau nokong yang lumayan besar, karena rise menentukan apakah ukuran waist akan jatuh pada pinggang (high rise) atau tepat jatuh di pinggul (low/medium rise). Kebanyakan dry denim untuk wanita mempunyai low/med rise.
4) Pemilihan cotton yang tepat: Jika anda berniat membeli jeans dengan cuttingan skinny biasanya tidak 100% cotton tetapi 95-98% cotton dan 2-5% elastane karena bahan ini yang membuat jeans lebih nyaman dipakai dan juga mempunyai tekstur yang lebih halus dibanding dengan jeans yang 100% cotton. Jeans dengan campuran bahan elastane keabanyakan lebih di gemari wanita karena mengikuti lekuk tubuh mereka.
Berikut ada contoh-contoh fit pic jeans pada wanita :
  1. Skinny cut




  1. Slim cut
       

  1. Straight
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar