Senin, 19 Januari 2015

Etika Sebagai Filsafat Moral



Etika sebagai filsafat moral tidak langsung memberikan perintah konkret sebagai pedoman tolok ukur yang siap dipakai. Etika dapat dirumuskan sebgai refleksi kritis dan rasional mengenai:
            - Nilai dan norma yang menyangkut bagaimana manusia harus hidup baik sebagi manusia
            - Masalah kehidupan manusia dengan mendasarkan diri pada nilai dan norma moral yang umum diterima.

sehingga dalam praktik sehari-hari dalam melakukan bisnis bagi pelaku bisnis harus mengetahui norma-norma yang berlaku di mana kegiatan tersebut dilaksanakan. Untuk itu perlu dipelajari apa saja norma tersebut.
Norma umum adalah sebuah aturan yang bersifat umum atau universal. Norma umum meliputi:
            - Norma Sopan Santun disebut juga norma etiket
Adalah norma yang mengatur pola perilaku dan sikap lahiriah manusia. Norma ini lebih menyangkut tata cara lahiriah dalam pergaulan sehari-hari
            - Norma Hukum
Adalah norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karena dianggap perlu dan niscaya demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam kebhidupan bermasyarakat. Norma ini mencerminkan harapan. Keinginan, dan kayakinan seluruh anggota masyarakat tersebut dan kesejahteraan bermasyarakat yang baik dan bagaimana masyarakat tersebut harus diatur secra baik.
            - Norma Moral
Yaitu aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia. Norma ini menyangkut aturan tentang baik-buruknya, adil tidaknya tindakan dan perilaku manusia sejauh dilihat sebagai manusia. Norma moral dipakai sebagai indikator oleh masyarakat untuk menentukan baik-buruknya tindakan mausia kepada pihak lain dengan fungsi dan jabatannya di masyarakat.

SUMBER :

Buku “ETIKA BISNIS bagi PELAKU BISNIS” karangan Agus Arijanto, S.E., M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar